SEJARAH MUSIK DI INDONESIA

tielman0002
Musik Indonesia atau yang disebut musik Nusantara merupakan semua musik yang berkembang di Nusantara ini, yang mencerminkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam segi bahasa maupun gaya melodinya. Musik Nusantara sendiri terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop. Terdapat tahapan- tahapan dalam perkembangan musik Indonesia (nusantara), yaitu :

  • Masa sebelum masuknya pengaruh Hindu- Buddha : Pada masa ini, musik digunakan sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalam beberapa kelompok, bunyi-bunyian yang dihasilkan dari anggota badan atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Instrumen atau alat musik yang digunakan umumnya berasal dari alam sekitarnya.
  • Masa setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha : Pada masa ini, berkembang musik- musik istana khususnya di daerah Jawa.Pada saat itu, musik tidak hanya digunakan sebagai bagian dari sebuah ritual saja, namun juga dalam kegiatan-kegiatan keistanaan sebagai sarana hiburan para tamu raja. Musik istana yang berkembang adalah musik gamelan. Musik gamelan terdiri dari 5 kelompok, yaitu kelompok balungan, kelompok blimbingan, kelompok pencon, kelompok kendang,dan kelompok pelengkap.
  • Masa setelah masuknya pengaruh Islam : Musik pada masa ini diperkenalkan olah para pedagang Arab. Alat musik yang mereka pergunakan berupa gambus dan rebana. Dari proses itulah kemudian muncul orkes- orkes gambus di Indonesia hingga sekarang.
  • Masa Kolonialisme : Masuknya bangsa Barat ke Indonesia juga membawa pengaruh besar dalam perkembangan musik Indonesia. Para pendatang ini juga memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka. Seperti biola, cello (selo), gitar, seruling (flute), dan ukulele. Mereka pun membawa sistem solmisasi dalam berbagai karya lagu.Pada masa inilah Indonesia mengalami perkembangan musik modern. Pada masa ini para musisi Indonesia menciptakan sajian music berupa perpaduan musik barat dengan musik Indonesia. Sajian musik itu kemudian dikenal sebagai musik keroncong.
  • Masa Kini : Seiring dengan masuknya media elektronik ke Indonesia,masuk pula berbagai jenis musik barat, seperti pop, jazz, blues, rock, R&B dan musik- musik negeri India yang banyak diperkenalakan melalui film-filmnya. Dari perkembangan ini, terjadilah perpaduan musik asing dengan musik Indonesia. Musik India juga berpadu dengan musik melayu yang kemudian menghasilkan jenis musik dangdut. Maka, muncullah berbagai musisi Indonesia yang beraliran pop, jazz, blues, rock, dan R&B. Berkembang pula jenis musik yang memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur musik barat, terutama alat- alat musiknya. Jenis musik ini sering disebut musik etnis. 

About imkidding15

Seperti namanya yang unik dan membuat pemikiran bahwa mereka selalu bercanda. Im Kidding adalah satu Band Berasal Dari Kota Terpencil dan Sangat banyak Pemusik-pemusik Yang berbakat. Lhokseumawe Adalah tempat lahirnya Band Im Kidding Yang Di Kawali Oleh Bima As Vocal Gitar, Azzumar as Guitar Vocal, Panda as Bass Back Voc, Iky as Synth Back Voc, Dan Rendy Drums.15 Oktober 2011 Awal mula terbentuknya Im Kidding ialah saat semua telah bertekat untuk Tatap pada Satu Arah Musik Yang Agresif Cepat Dan sedikit memainkan Elektronic sehingga terdengar tidak terlalu kaku, Dan mereka mencampurkan Lirik indonesia dan inggris menjadi suatu ciri khas Band Im Kidding seperti lagu Mereka “ Kuyakin Dirimu dan Terobsesi Kata Hati”. Dalam Satu alunan musik, mereka masih banyak belajar, dan terus belajar untuk memiliki pengalaman yang paling berarti. Setiap Gigs mereka datangi walau tekadang banyak pengalaman yang mengecewakan, dan banyak pula pengalaman yang menyenangkan yang paling jarang di jumpai. Gigs Di Kota dan Luar kota pernah mereka datangi, di kota sendiri mereka memiliki pasukan KiddingFriends yang sangat Support antusias NgeJumps dan Berdansa Di Stage Yang Luar Biasa. Begitulah sedikit profil singkat Band Im Kidding.

Posted on 10 February 2013, in SEJARAH MUSIK. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: