TENTANG PUNK MELODIC

TENTANG PUNK MELODIC

Mendengar kata “Punk” pastilah yang terbayang dibenak kita adalah musik yang sangat keras, dipenuhi dengan teriakan amarah, gaya berpakaian yang kusut dan rambut mohawk yang tinggi menjulang. Memang, karena hal itu disebabkan oleh subkultur punk yang timbul dari rasa muak para pekerja pelabuhan di Inggris pada era 70-an terhadap budaya pop dan kapitalisme yang berkembang pada saat itu. Maka tak heran jika mereka menyuarakan tentang persamaan hak, antisosial, dan anti kemapanan.
Anti kemapanan tersebut berarti bahwa mereka para punk, tidak merasa terikat dengan norma yang berlaku dimasyarakat dan mereka merasa dapat hidup dengan cara mereka sendiri untuk mencapai tujuan asal tidak merugikan orang lain. Band Punk generasi pertama ialah Sex Pistol di Inggris dan Ramones di Amerika
Namun seiring perkembangan jaman, maka musikalitas punk pun semakin berkembang. Salah satunya ialah subgenre “Melodic Punk”, ya subgenre ini memiliki ciri musik yang lebih dapat diterima karena gaya bermusik yang cenderung lebih “halus” dan bahkan tidak sedikit dari band-band yang memiliki jenis musik ini “tergoda” untuk keluar dari jargon anti kemapanan yang mereka usung karena memang musik dapat lebih diterima oleh banyak kalangan. Band-band seperti Blink 182,Green Day, SUM 41, Simple Plan,dan Good Charlotte adalah contoh dari pengusung melodic punk yang berhasil masuk mainstream. Namun begitu, masih banyak pula band melodic punk yang memegang teguh idealisme mereka seperti NOFX, Bad Religion, No Use For a Name, Not Available dan lainnya.

Bahkan NOFX dan Bad Religion memiliki record label sendiri yaitu Fat Wreck (NOFX) dan Epitaph (Bad Religion) yang mewadahi band-band dengan jenis musik sejenis dan mereka masih terus dapat exist dengan slogan Do It Yourself. Melodic Punk biasanya mengangkat tema-tema yang lebih beragam dalam musik mereka seperti protes sosial, kecaman kepada pemerintah, persahabatan dan bahkan banyak pula percintaan. Tercermin dalam judul-judul lagu seperti contohnya Murder The Government, drop the world, falling in love(NOFX), Dear my friend, angry fist fighting soul (Hi-Standard), Joana (Not Available), On the outside, not your saviour (No Use For A Name).
Ya… Kesimpulannya, melodic punk dapat dijadikan referensi alternatif ditengah serangan band-band pop dan melayu yang saat ini sangat marak di negeri kita.

About imkidding15

Seperti namanya yang unik dan membuat pemikiran bahwa mereka selalu bercanda. Im Kidding adalah satu Band Berasal Dari Kota Terpencil dan Sangat banyak Pemusik-pemusik Yang berbakat. Lhokseumawe Adalah tempat lahirnya Band Im Kidding Yang Di Kawali Oleh Bima As Vocal Gitar, Azzumar as Guitar Vocal, Panda as Bass Back Voc, Iky as Synth Back Voc, Dan Rendy Drums.15 Oktober 2011 Awal mula terbentuknya Im Kidding ialah saat semua telah bertekat untuk Tatap pada Satu Arah Musik Yang Agresif Cepat Dan sedikit memainkan Elektronic sehingga terdengar tidak terlalu kaku, Dan mereka mencampurkan Lirik indonesia dan inggris menjadi suatu ciri khas Band Im Kidding seperti lagu Mereka “ Kuyakin Dirimu dan Terobsesi Kata Hati”. Dalam Satu alunan musik, mereka masih banyak belajar, dan terus belajar untuk memiliki pengalaman yang paling berarti. Setiap Gigs mereka datangi walau tekadang banyak pengalaman yang mengecewakan, dan banyak pula pengalaman yang menyenangkan yang paling jarang di jumpai. Gigs Di Kota dan Luar kota pernah mereka datangi, di kota sendiri mereka memiliki pasukan KiddingFriends yang sangat Support antusias NgeJumps dan Berdansa Di Stage Yang Luar Biasa. Begitulah sedikit profil singkat Band Im Kidding.

Posted on 9 February 2013, in SEJARAH MUSIK. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: